Selasa, 16 Agustus 2016

Dari Mentri Sosial Masyarakat kepada Mahasiswa KKN

Dari Mentri Sosial Masyarakat kepada Mahasiswa KKN

Sebagai salah satu kementrian yang bergerak dibidang sosial, sudah sepatutnya Kementrian Sosial Masyarakat lebih peka dan responsive dengan salah satu program pengabdian yang merupakan salah satu aplikasi dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas.
Tulisan ini bukan bertujuan mengkritik kinerja kementrian Sosial Masyarakat, da aku mah apa atuh cuman bisa mengkritik tetapi sebagai masukan supaya rekan-rekan yang khususnya sedang menjalankan tugas negara sebagai pengabdian kepada masyarakat dapat terfasilitasi oleh keberadaan BEM KM, khususnya Kementrian Sosial Masyarakat. Bukankah kehadiran BEM KM dapat menjawab kebutuhan masyarakatnya ;)
Banyak hal yang dapat diberikan Kementrian Sosmas terkait dengan adanya kegiatan akbar ini, diantaranya  sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN terkait dengan disiplin ilmu yang dimiliki oleh BEM KM yang sekiranya inovatif, mudah pelaksanaannya dan dapat diaplikasikan kepada masyarakat, khususnya masyarakat pedesaan. Misalnya dibidang Pertanian dapat dilakukan sosialisasi dan pelatihan tentang pembuatan pupuk organic sepert kandang dan kompos untuk menambah hara tanah disamping penggunaan pupuk kimia dibidang Peternakan dapat dilakukan pengenalan tentang penyakit hewan ternak beserta pencegahan dan cara pengobatannya, sanitasi kandang ternak, dan masih banyak lagi. Penyusunan alat bantu penyuluhan dan pelatihan seperti leaflet, poster buku panduan juga dapat difasilitasi oleh Kementrian SosMas untuk membantu mahasiswa KKN saat menjalankan program yang terkait dengan alat bantu penyuluhan yang disiapkan oleh SosMas. Program ini dapat dilaksanakan berdampingan dengan Kementrian Keilmuan dan Akademik Mahasiswa, apabila Kementrian SosMas merasa kerepotan dalam menjalankannya sendirian.
Pengenalan, Sosialisasi, dan Pelatihan ini akan sangat bermanfaat apabila dibuka untuk umum, khususnya kepada mereka yang dari disiplin ilmu yang berbeda. Mahasiswa KKN tidak akan kebingungan apabila menjalankan program yang tidak sesuai dengan bidang ilmunya saal KKN nanti karena terbantu oleh kegiatan ini.
Selain itu kementrian SosMas dapat memfasilitasi pertemuan antara mahasiswa KKN dengan mahasiswa yang telah mengikuti KKN di tahun-tahun sebelumnya dengan lokasi yang sama. Kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan kegiatan KKN yang akan dilaksanakan.
Dan masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan SosMas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar