Sabtu, 14 Agustus 2010

Sepeda, Mantan Penguasa

Selain mantan penguasa dunia, sepeda juga pemutus kejayaan kereta kuda dan hewan sejenisnya.
Awal abad ke-18, Perancis mengenal alat transportasi roda dua dengan nama velocipede. Konstruksinya belum menggunakan besi. Modelnya tanpa engkol, pedal dan setang.
- Baron Karts Drais van Saverbronn (dari Jerman), sebagai penyempurna velocipede. Ia membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang effisiensi kerjanya. Modelnya masih mendua antara sepeda dan kereta kuda. Ciptaannya sering dijuluki dengan dandy horse.
- Th 1839, Kirtspatrick Mac Millan (dari Skotlandia), membuatkan mesin khusus untuk sepeda yang lebih mirip pendorong yang diaktifkan pengkol.
- Mas Miller, menghubungkan engkol dengan setang sederhana.
- Birtannicacom-1855, membuat pemberat engkol hingga laju sepeda lebih stabil.
- Pierre Lallement-1865 (dari Perancis) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal dengan pelek). Selain itu juga membuat roda depan lebih besar dibanding dengan roda beakang.
- 1885, sepeda makin mendunia seiring dengan dibukanya pabrik sepeda di Inggris milik James Starley.
- 1888, John Dunlop menemukan teknologi ban angin.
- Penemuan selanjutnya adalah rem, perbandingan gigi yang bisa digerakkan, dan penemuan-penemuan lain yang menambah daya tarik sepeda.
- Kini sepeda punya beragam nama dan model. Ada sepeda roda tiga buat bayi, sepeda mini, sepeda kumbang hingga sepeda tanduk buat digenjot bareng. Bahkan olah raga sepeda mengenal tiga macam perangkat lomba, yakni sepeda jalan untuk jalan mulus yang memiliki sampai 16 kombinasi gir yang berbeda, sepeda trace dengan hanya 1 gigi serta sepeda gunung yang memiliki 24 gigi.
Eropa dan Amerika adalah sebagai pioner penggunaan sepeda. Lambat laun peran sepeda mulai disingkirkan mobil dan motor. Namun sepeda tetap punya pemerhati sendiri bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik. Atau jangan-jangan Anda sebagai penggemar fanatiknya juga !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar