Selasa, 04 Februari 2014

Permainan Anak Sekolah Minggu

Games: Aku Sudah Berubah

Partisipan : Berpasangan
Waktu : 5 menit

Partisipan berpasangan dan berdiri berhadap-hadapan. Tiap orang mengamati pasangannya dengan cermat. Setelah itu, mereka saling membelakangi (beradu punggung). Pada saat itu, setiap orang berusaha mengubah aksesoris yang dikenakannya. Misalnya, mencopot salah satu anting, memindahkan jam tangan dari kanan ke kiri, menggulung lengan pakaian, mengancingkan kancing baju teratas , mengubah gaya sisiran rambut dsb.
Setelah itu, setiap pasangan berbalik lagi untuk menebak perubahan apa yang sudah dilakukan oleh pasangannya. Di akhir permainan ini jelaskan bahwa setelah mengenal Kristus kita harus mengalami perubahan hidup. Dan perubahan itu harus nampak dan dilihat oleh orang lain.

\"Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu.\" - Rom.12:2

Games: Bahtera Nuh

Buat beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 orang disetiap kelompok. Setiap kelompok berdiri di selembar kertas koran. Pemimpin permainan bercerita bahwa kita sedang berada di atas kapal dan terjadi badai. Kakak-kakak yang lain mulai merobek sedikit demi sedikit kertas koran. Setiap kelompok harus menjaga kebersamaan kelompok agar kaki mereka tidak keluar dari kertas koran. Karena ukuran koran semakin kecil dengan dirobek sedikit demi sedikit, setiap kelompok bisa mengangkat kaki satu atau saling mengendong agar tidak keluar dari koran. Kelompok yang paling rapih dan kompak yang akan keluar sebagai pemenangnya.

Games: Gembala dan Domba-domba-Nya

Tujuan

Mengingatkan kita bahwa gembala yang baik mengenal domba-domba-Nya. Seperti halnya Tuhan Yesus, Gembala kita yang baik, mengenal kita, domba-domba-Nya (Yoh. 10:14).

Persiapan

1. Sebuah sapu tangan.
2. Para pesertanya adalah anak-anak, remaja, atau pemuda.
3. Jumlah peserta tidak terbatas.
4. Permainan dapat diadakan di dalam atau di luar ruangan.
5. Seorang dari antara peserta ditunjuk sebagai pemimpin permainan.

Cara bermain

1. Seseorang dari antara peserta dipilih (atau siapa saja yang rela) untuk menjadi \"gembala\" dan kemudian diminta maju ke depan.
2. Lalu matanya ditutup dengan sapu tangan.
3. Semua peserta yang lain diumpamakan dengan \"domba\" dan mereka berjongkok di tempat yang berbeda-beda tetapi jangan terlalu berjauhan.
4. Pada waktu pemimpin permainan memberi aba-aba kepada gembala untuk mencari domba-dombanya, ia harus meraba-raba setiap domba.
5. Domba yang tersentuh harus mengembik, tetapi suaranya boleh dibuat-buat sehingga gembala tidak dapat menebak suaranya.
6. Tugas seorang gembala ialah berusaha mengenali suara itu.
7. Bila ia tidak dapat menyebutkan nama domba tersebut, ia harus mencari lagi domba-domba yang lain sampai ia dapat menyebutkan dengan benar nama domba yang disentuhnya.
8. Orang yang berhasil disebutkan namanya, harus menjadi gembala untuk menggantikannya.

Games: Gembala Yang Baik

Permainan ini seperti ular naga panjang, dimana ada seorang kakak yang berperan sebagai gembala dengan membawa tongkat, sedangkan anak-anak berdiri di belakang gembala tersebut. Gembala harus melindungi anak-anak agar tidak lepas dari barisan dan dimakan (diambil) serigala. Serigala dapat diperankan oleh 1-2 orang.

Games: Lomba Alkitab

Tujuan : Adu cepat

Cara permainan:
Bagi orang menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok bisa terdiri dari 2 orang atau lebih.
Siapkan ayat-ayat dari alkitab, dan ambil satu kata dari ayat tersebut saja, kemudian kelompok harus berlomba mencari ayat tersebut.

Contoh 1:
Kisah para rasul 11:16, kata ke-10 dari depan
Jawabannya adalah = Air

Contoh 2:
Matius 2:11, kata ke-4 dari belakang
jawabannya adalah emas

Contoh 3:
Mazmur 13:6, kata ke-9 dari belakang
jawabannya adalah menyanyi

Selanjutnya Anda bisa memodifikasi permainan ini, misal mereka tidak hanya menyebut kan kata saja, tapi harus mencari barang yang disebutkan (misal air berarti mereka harus mengambil air, misal emas berarti mereka harus mencari emas dan ditunjukan ke ice breaker), atau misal kata dicari berupa kata kerja maka mereka harus mempraktekan kata tersebut (misal menyanyi, maka mereka harus bernyanyi).

Games: Melipat Koran

Buat beberapa kelompok yang terdiri dari 5-7 orang disetiap kelompok. Setiap kelompok berdiri diselembar kertas koran yang panjang. Tugas setiap kelompok adalah melipat dengan menggunakan kaki koran tersebut sampai batas yang telah ditetapkan. Kelompok yang paling rapih dan kompak yang akan keluar sebagai pemenangnya.

Games: Membeku

Tubuh setiap anak diharuskan bergetar secara bersama. Di saat itu pemimpin permainan menyentuh 1-5 anak. Anak yang disentuh harus diam membeku seperti es. Setelah 1-5 anak tersebut membeku, pemimpin permainan dapat menyuruh anak-anak yang lain berhenti bergetar. Dan kita dapat melihat dari ke 5 anak yang membeku, siapa yang dapat bertahan lebih lama.

Games: Memberitakan Injil

Tujuan

Mengingatkan kita untuk memberitakan Injil, baik pada waktu yang menguntungkan maupun pada waktu yang tidak menguntungkan. Kita juga harus berani menghadapi kesulitan pada waktu memberitakan Injil (1Tim. 4:2).

Persiapan

1. Dua kotak korek api.
2. Permainan ini dapat dilaksanakan di dalam atau di luar ruangan.
3.Jumlah peserta tidak terbatas tetapi kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh anak-anak kelas besar ke atas.

Cara bermain

1. Pemimpin membagi para peserta menjadi dua kelompok yang jumlah orangnya sama, kemudian setiap kelompok diberi satu korek api.
2. Setelah itu pemimpin memberi aba-aba. Pada waktu permainan dimulai, orang pertama dari kedua kelompok itu menyalakan sebatang korek api dan kotaknya. Kemudian secara estafet, ia memberikannya kepada orang kedua demikian seterusnya.
3. Jika korek api itu padam di tangan seseorang, orang itu harus menyalakan sebatang korek api yang lain, kemudian ia harus meneruskannya kembali kepada orang yang berikutnya.
4. Kelompok yang paling cepat memindahkan korek api hingga sampai kepada orang yang terakhir dinyatakan sebagai pemenang.

Kalau pesertanya banyak, pemimpin dapat membagi mereka ke dalam beberapa kelompok. Jumlah setiap kelompok sebaiknya tidak kurang dari 15 orang.

Games: Pemburu, Orang Tua, dan Harimau

Permainan ini dimainkah oleh 2 kelompok. Masing-masing kelompok berdiskusi memilih akan berperan sebagai apa: pemburu, orang tua atau harimau. Aturan permainan sebagai berikut :
- Pemburu kalah oleh orang tua
- Orang tua kalah oleh harimau
- Harimau kalah oleh pemburu
Wasit menghitung, sampai hitungan ketiga masing-masing kelompok secara berbarengan menunjukkan bergaya objek yang dipilih. Pemburu, orang tua dan harimau dapat diperagakan dengan suara dan gaya. Kelompok yang menang 3x dia yang menang.

Games: Suara Binatang

Kita dapat menggunakan lima suara binatang seperti : anjing, kucing, kambing, sapi dan bebek. Mata setiap anak ditutup dengan kain penutup kedua matanya. Masing-masing anak dibisikan nama binatang yang berbeda agar mereka dapat bersuara binatang tersebut. Setelah itu pada hitungan ketiga setiap anak harus bersuara binatang yang telah dibisikan dan mencari teman-temannya yang bersuara sama agar dapat berkelompok. Yang membuat permainan ini menjadi sulit karna semua mata tertutup dan semua anak bersuara secara bersama-sama.

Games: Yesus Berkata

Permainan ini dapat diikuti seluruh anak dengan pemimpin permainan berdiri di depan kelas. Aturan permainan ini sebagai berikut: apabila pemimpin permainan bilang : Yesus berkata "jongkok!", adik-adik harus jongkok (perkataan Yesus harus dituruti), sedangkan bila : Iblis berkata "cubit teman!", adik-adik permainan tidak boleh mencubit karena perkataan iblis tidak boleh dituruti.

Games: Yohanes Pembatis dan Yesus

Buat suatu lingkaran, lalu pemimpin permainan dapat memberikan instruksi sebagai berikut :
Yohanes Pembatis (membaptis) dengan gaya: anak-anak harus berdiri dan merentangkan tangan kedepan
Yesus (dibaptis) dengan gaya: anak-anak harus jongkok dan meletakan tangan diatas kepala.

Sumber


27 komentar:

  1. Wahh,,, sangat membantu saya. Thanks sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. tengkyu Maria, aq sangat terbantu dengan ide permainan ini, Tuhan Yesus Memberkatimu ya..

    BalasHapus
  3. thanks, Gamesmya sangat membantu. GBU

    BalasHapus
  4. Bermanfaat banget, Terima Kasih ya

    BalasHapus
  5. Bagus banget game nya jadi bermanfaat untuk guru sekolah yang pemula

    BalasHapus
  6. min ide dng games yang cocok kalau temanya menjaga perkataan makasihhh

    BalasHapus
  7. bagus sekqli ide ide permainanya
    sangat membantu dalma pelayanan sekolah minggu
    terimakasih .. Gbu

    BalasHapus
  8. suka skali dgn gamenya bisa membantu kita dlm skolah minggu..trima kasih TYm

    BalasHapus
  9. Terimakasih sudah membatu saya untuk mengajar anak sekolah minggu

    BalasHapus
  10. Tq..sangat membantu saya utk mengajar SM

    BalasHapus
  11. Makasih games nya kak, ngebantu banget

    BalasHapus
  12. TRIMAKASIH
    TUHAN BERKATI PELAYANANNYA

    BalasHapus
  13. Thanks gamesnya sangat membantu kami buat melayani anak2 sekolah minggu. GOD BLESS

    BalasHapus
  14. Hari ini pelayanan anak.. Jd aq membuat games ini.. Mereka sungguh bahagia dan ceria . Terimakasih ya sudah menjadi berkat 😇

    BalasHapus
  15. Saya merasa sangat terbantu ..terima kasih banyak..Tuhan Berkati !

    BalasHapus
  16. Terima kasih yah sudah membantu pelayanan SM kami, IMANUEL 😇

    BalasHapus
  17. Terima kasih ka, Jesus Bless You

    BalasHapus
  18. Thanks yaa
    Sangat membantu saya games nya😁

    BalasHapus
  19. Terima kasih utk Games yg luar biasa. Tuhan berkati

    BalasHapus
  20. Makasih ya,
    ide gamesnya sangat membantu��☺

    BalasHapus
  21. Thank's sudah berbagi, bagus sekali GBU

    BalasHapus
  22. Sangat bgs dlm pembuatan gemas nya

    BalasHapus