Minggu, 15 Juni 2014

Liturgi Perjamuan Kudus Gereja Methodist Indonesia


NYANYIAN : “Suci, Suci, Suci”                                                                                                                     (BERDIRI)
PEMBACAAN BERSAHUT-SAHUTAN                                                                                                        (BERDIRI)
P : Allah itu Roh adanya. Orang yang menyembah Dia wajiblah menyembah dengan roh dan kebenaran.
J: KEMULIAAN BAGI ALLAH DI TEMPAT YANG MAHA TINGGI
P: Allah itu terang adanya. Jikalau kita berjalan di dalam terang sebagaimana Ia juga ada di dalam terang, maka bersekutulah kita seorang dengan seorang. Sesungguhnya persekutuan kita itu beserta dengan Bapa dan dengan Yesus Kristus, AnakNya itu.
J: KEMULIAAN BAGI ALLAH DI TEMPAT YANG MAHA TINGGI
P: Allah itu kuasa adanya. Orang yang harap pada Tuhan itu kelak membaharui kuatnya dan terbang naik dengan sayap seperti burung nazar, mereka berlari-lari dan tiada tahu penat; mereka itu berjalan-jalan dan tiada tahu lemah.
J: KEMULIAAN BAGI ALLAH DI TEMPAT YANG MAHA TINGGI
P: Allah itu kasih adanya. Tengoklah, alangkah besarnya kasih yang dikaruniakan oleh Bapa kepada kita, sehingga kita dikatakan anak-anak Allah. Dengan demikian kita sudah mengetahui kasih yang benar, oleh sebab Ia sudah menyerahkan nyawanya karena kita
J: KEMULIAAN BAGI ALLAH DI TEMPAT YANG MAHA TINGGI
P: Mari kita menyanyikan Gloria Patri
      Mulia bagi Bapa, bagi Anak, serta Rohulkudus
      Dari permulaannya, skarang dan akan jadi.
      Selama-lamanya. Amen.

DOA BERSAMA:
ALLAH YANG MAHA KUASA, HATI SEGALA MANUSIA TERBUKA KEPADA TUHAN, KEINGINAN SEMUA ORANG TUHAN TAHU, DAN TIADA SATU RAHASIAPUN YANG TERSEMBUNYI DARI TUHAN : SUCIKANLAH PIKIRAN HATI KAMI DENGAN ILHAM ROH KUDUSMU, SUPAYA KAMI MENGASIHI TUHAN DENGAN SEMPURNA, SERTA MEMBESARKAN NAMAMU YANG KUDUS ITU DENGAN SEPATUTNYA, DEMI YESUS KRISTUS TUHAN KAMI, AMIN.
BAPA KAMI YANG DI SORGA, DIKUDUSKANLAH NAMAMU, DATANGLAH KERAJAANMU, JADILAH KEHENDAKMU DI BUMI SEPERTI DI SORGA. BERIKANLAH KAMI PADA HARI INI MAKANAN KAMI YANG SECUKUPNYA DAN AMPUNILAH KAMI AKAN KESALAHAN KAMI, SEPERTI KAMI JUGA MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH KEPADA KAMI, DAN JANGANLAH MEMBAWA KAMI KE DALAM PENCOBAAN, TETAPI LEPASKANLAH KAMI DARI PADA YANG JAHAT. KARENA ENGKAULAH YANG EMPUNYA KERAJAAN DAN KUASA DAN KEMULIAAN SAMPAI SELAMA-LAMANYA. AMIN

HUKUM ALLAH:
Dengarlah ringkasan Hukum Allah dalam perkataan Tuhan kita Yesus Kristus:
“Hendaklah engkau mengasihi Allah TuhanMu dengan segenap hatimu, dan dengan segenap jiwamu, dan dengan sepenuh akal budimu. Inilah Hukum yang besar dan terutama. Dan hukum yang kedua bersama dengan itu, demikian: Hendaklah engkau mengasihi sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. ( atau sepuluh hukum dalam Kitab Keluaran 20: 1-17)

PEMBACAAN EPISTEL                                                                                                                                     ( DUDUK )

PENGAKUAN IMAN                                                                                                                                        ( BERDIRI )
AKU PERCAYA KEPADA ALLAH, BAPA YANG MAHA KUASA, KHALIK LANGIT DAN BUMI. DAN KEPADA YESUS KRISTUS, ANAKNYA YANG TUNGGAL Tuhan KITA, YANG DIKANDUNG DARI PADA ROH KUDUS, LAHIR DARI ANAK DARA MARIA YANG MENDERITA DI BAWAH PEMERINTAHAN PONTIUS PILATUS, MATI DAN DIKUBURKAN (TURUN DALAM KERAJAAN MAUT). PADA HARI YANG KETIGA BANGKIT PULA DARI ANTARA ORANG MATI, NAIK KE SORGA, DUDUK DI SEBELAH KANAN ALLAH, BAPA YANG MAHA KUASA, DAN AKAN DATANG DARI SANA UNTUK MENGHAKIMI ORANG YANG HIDUP DAN YANG MATI.
AKU PERCAYA KEPADA ROH KUDUS, GEREJA YANG KUDUS DAN AM, PERSEKUTUAN ORANG YANG KUDUS , PENGAMPUNAN DOSA, KEBANGKITAN DAGING, DAN HIDUP YANG KEKAL. AMEN.

RENUNGAN (KHOTBAH SINGKAT)
NYANYIAN (PERSEMBAHAN KURBAN/KOLEKTE)

UNDANGAN PERJAMUAN KUDUS :                                                                                                         (BERDIRI)
Kamu yang sesungguhnya bertobat daripada dosamu, dan ingin mengasihi sesamamu manusia, dan berniat akan menuntut hidup baru, serta menurut hukum-hukum Allah, dan hendak berjalan dari sekarang ini pada jalanNya yang suci: marilah dengan iman, terimalah Perjamuan Kudus ini untuk menghiburkan hatimu. Berlututlah kamu dengan rendah hati mengaku dosa-dosamu kepada Allah Yang Maha Kuasa.

Mari kita bersatu dalam Pengakuan Dosa :                                                                                          (DUDUK)
ALLAH YANG MAHA KUASA, BAPA TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, YANG MENJADIKAN SEMESTA ALAM, HAKIM SEGALA MANUSIA, DENGAN SEDIH HATI KAMI MENGAKU BANYAKNYA DOSA-DOSA DAN KEJAHATAN YANG SELALU KAMI PERBUAT DENGAN PIKIRAN, PERKATAAN, MAUPUN PERBUATAN MELAWAN TUHAN DAN RAJA KAMI. HATI KAMI SANGAT SEDIH DAN MENYESAL MENGINGAT KESALAHAN ITU DAN DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH KAMI BERTOBAT. KASIHANKANLAH KAMI, YA BAPA YANG BERKASIHAN. AMPUNILAH KAMI, TOLONGLAH KAMI DARI SAAT INI AGAR KAMI DAPAT MELAYANIMU DAN BERKENAN PADAMU DALAM PEMBAHARUAN HIDUP, MENGHORMATI DAN MEMULIAKAN NAMAMU, DEMI YESUS KRISTUS TUHAN KAMI. AMIN.

DOA PENDETA :
Allah Yang Maha Kuasa, Bapa kami yang di sorga, karena besar kasihMu, Engkau sudah menjanjikan keampunan dosa kepada semua orang yang kembali kepadaMu dengan pertobatan dan iman yang benar, kasihanilah kami, ampunkanlah dan lepaskanlah kami dari segala dosa kami. Teguhkanlah dan kuatkanlah kami dalam segala kebaikan, dan bawalah kami kepada hidup yang kekal, demi Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Kemudian Pendeta berkata :
Dengarlah apa yang dikatakan dalam Alkitab pada mereka yang merendahkan hatinya dan bertobat:
“Jikalau barang seorang bebuat dosa, maka kita ada seorang Juru Syafaat kepada Bapa, yaitu Yesus Kristus yang benar itu, dan ialah menjadi korban perdamaian karena segala dosa kita, bukannya karena dosa-dosa kita saja, melainkan dosa seisi dunia ini juga.”
P : Angkatlah hatimu
J : KAMI MENGANGKAT HATI KAMI KEPADA TUHAN
P : Biarlah kita berterima kasih kepada Tuhan
J : MEMANG SELAYAKNYA KAMI BERBUAT DEMIKIAN
P : Memang selayaknya, benar dan wajiblah kami pada setiap saat dan pada setiap tempat mengucap syukur padaMu, ya Tuhan, Bapa kami Yang Kudus, Yang Maha Kuasa, Allah Yang Kekal. Sebab itu, beserta dengan malaikat-malaikat dan bala tentara sorga kami puji dan besarkan namaMu yang mulia itu dan selalu memuji Tuhan serta berkata :
P+J : KUDUS, KUDUS, KUDUS, ALAH TUHAN SERWA SEKALIAN ALAM, PENUHILAH SORGA DAN BUMI DENGAN KAMULIAANMU, BAGIMULAH, YA TUHAN YANG MAHA TINGGI. AMIN 
DOA PERSEMBAHAN :
Allah Yang Maha Kuasa, Bapa kami yang  disorga, yang sebab kasihMu yang besar itu sudah memberikan AnakMu yang tunggal itu, Yesus Kristus, yang sudah menderita kematian diatas salib untuk penebusan kami, yang oleh persembahan yang sekali itu, sudah membuat kurban yang penuh, sempurna dan cukup bagi dosa-dosa seluruh dunia, dan yang menentukan, dan dalam InjilNya yang kudus sudah memerintahkan kami melanjutkan peringatan ini atas kematianNya yang mulia itu. Dengarlah kami, ya Bapa yang berkasihan, dengan rendah hati kami memohon kepadaMu, dan tolonglah supaya kami yang menerima roti dan anggur ini menurut peraturan AnakMu, Juruselamat kami Yesus Kristus, dalam memperingati kematian dan kesengsaraanNya, juga mengambil bagian dari pada zat keilahianNya dengan pertolongan Dia, yang pada malam Ia diserahkan itu, diambilnya roti dan setelah sudah Ia mengucapkan syukur dipecah-pecahkan serta diberikannya kepada murid-muridNya itu sambil berkata :
Ambillah, makanlah, inilah tubuhKu yang diserahkannya karena kamu, perbuatlah demikian, menjadi suatu peringatan akan daku.”
Demikian juga, sesudah makan, diangkatnya cawan minuman, diucapkannya syukur serta diberikannya kepada mereka sambil berkata :
Minumlah kamu sekalian dari cawan ini:  inilah darahku, darah perjanjian baru, yang ditumpahkan karena kamu dan karena orang  banyak sebagai jalan keampunan dosa, maka seberapa kali kamu minum, perbuatlah demikian menjadi peringatan akan daku.”

DOA BERSAMA :
TUHAN, YANG MAHA RAHMAN, TIADALAH KAMI BERANI DATANG KE MEJAMU INI DENGAN KEPERCAYAAN AKAN KEBENARAN KAMI SENDIRI MELAINKAN AKAN RAHMATMU YANG BESAR DAN BANYAK ITU. KAMI TIDAK LAYAK MENGUMPULKAN REMAH-REMAH DARI BAWAH MEJAMU.  TETAPI ENGKAULAH, YA TUHAN, TETAP BERKASIHAN. SEBAB ITU, TOLONGLAH, YA TUHAN, SUPAYA KAMI DAPAT TURUT SERTA DALAM PERINGATAN INI AKAN ANAKMU, YESUS KRISTUS, SEHINGGA KAMI DIPENUHI DENGAN KESEMPURNAAN HIDUPNYA, DAN DAPAT MAKIN MENYERUPAI TUHAN, DAN DAPAT TINGGAL SELAMA-LAMANYA DALAM TUHAN, DAN TUHAN DALAM KAMI, AMIN.
Yesus berkata : “Inilah tubuhku yang diserahkan karena kamu, Ambil dan makanlah ini menjadi suatu peringatan bahwa Kristus mati karena engkau, dan hendaklah Ia menjadi makanan rohani bagimu melalui kepercayaan, dan dengan ucapan syukur.”
Yesus berkata : “Inilah darahku, darah perjanjian baru, yang ditumpahkan karena engkau. Minumlah ini menjadi peringatan bahwa Kristus mati karena engkau dan ucapkanlah syukur.”
DOA BERSAMA:
YA TUHAN, BAPA KAMI YANG DISURGA, HAMBA HAMBAMU YANG HINA INI MEMERLUKAN KERELAANMU SEBAGAI BAPA KAMI UNTUK MENERIMA PERSEMBAHAN PUJI PUJIAN DAN SYUKUR KAMI INI. DENGAN RENDAH HATI KAMI MEMOHON KEPADAMU SUPAYA KAMI DAN SELURUH GEREJAMU DAPAT DIANUGRAHKAN KEAMPUNAN ATAS DOSA DOSA KAMI DAN SELURUH KEBAJIKAN YANG LAIN DARI PADA KESENGSARAANNYA, DEMI JASA JASA DAN KEMATIAN ANAKMU YESUS KRISTUS DAN DEMI KEPERCAYAAN AKAN DARAHNYA. DISINI, YA TUHAN, KAMI MEMPERSEMBAHKAN DAN MENYERAHKAN DIRI KAMI SENDIRI, JIWA DAN BADAN KAMI KEPADAMU MENJADI SUATU KURBAN YANG PATUT, YANG SUCI DAN YANG HIDUP KEPADAMU. KAMI MOHON SUPAYA KAMI SEKALIAN YANG TELAH IKUT MAKAN UNSUR UNSUR PERJAMUAN KUDUS INI DAPAT DIPENUHI DENGAN ANUGRAHMU DAN BERKAT SURGAWI. DAN WALAUPUN KAMI TIDAK LAYAK, OLEH SEBAB DOSA DOSA KAMI, MENGORBANKAN SESUATUPUN KEPADAMU, KAMI MOHON KEPADAMU MENERIMA KEWAJIBAN DAN PELAYANAN KAMI INI, BUKAN OLEH SEBAB JASA JASA KAMI SENDIRI, MELAINKAN OLEH SEBAB KEAMPUNAN DOSA DOSA KAMI,  DEMI YESUS KRISTUS, TUHAN KAMI. DEMI DIA DAN BESERTA DIA DALAM PERSEKUTUAN DENGAN ROH KUDUS. KAMI MENGHORMATI DAN MEMUJI ENGKAU, YA BAPA YANG MAHA KUASA SAMPAI SELAMA LAMANYA. AMIN

GLORIA IN EXCELCIS:
Segala kemuliaan bagi Allah ditempat yang maha tinggi, dan sejahtera diatas bumi diantara orang yang diperkenannya. Kami memuji Tuhan, kami menghormati Tuhan, menyembah Tuhan, kami memuliakan Tuhan, kami megucap syukur kepada Tuhan sebab kemuliaanMu yang besar itu, ya Tuhan Allah, raja yang disurga Allah Bapa, yang Maha kuasa.
Ya Tuhan, Yesus Kristus, Anak yang tunggal; Ya Tuhan, domba Allah, Anak Bapa, yang menanggung dosa dosa seluruh masyarakat manusia, kasihanilah kami Tuhan, yang menanggung dosa seluruh masyarakat manusia, terimalah doa kami, Tuhan yang duduk disebelah kanan Allah Bapa, kasihankanlah kami. Karena Engkau saja yang kudus, Engkau sajalah Tuhan, Tuhan saja, ya Kristus, dengan Roh Kudus, yang maha tinggi dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin 

NYANYIAN                                                                                                                                                         (BERDIRI)
DOXOLOGI
BERKAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar